Shark Sanctuary.

Shark's Nightmare :( Tulisan ini dikutip dari salah satu timeline akun twitter milik majalah dive Indonesia dan akun-akun para pendukung kampanye #savesharks lainnya, ya. Mau bantu sebar informasi sebanyak-banyaknya aja tentang ikan hiu, biar semakin banyak yang sadar bahwa ikan hiu bukanlah makanan untuk dikonsumsi 🙂

Hiu akan lebih bermanfaat jika dibiarkan hidup. Pada tahun 2010, Fiji mendapatkan keuntungan US$ 42.2 dari pariwisata penyelaman hiu. Perburuan sirip hiu dapat mengakibatkan penurunan populasi ikan dan kerang-kerangan konsumsi, termasik tuna. Siap untuk tidak makan ikan? Hiu si Dokter Laut memangsa ikan yang sakit atau tua. Keberadaan hiu penting untuk mencegah penyebaran penyakit di laut. Setiap hari 250.000 hiu dibantai di seluruh dunia untuk siripnya. Jadi siapa predator yang berbahaya, kita atau hiu? Indonesia salah satu pengekspor hiu terbesar di dunia : 106.288 ton sirip hiu dihasilkan selama periode 2000 ‐2010.

Pengambilan sirip hiu adalah penyiksaan yg paling kejam! Pemburu melemparkan hiu yg masih hidup ke laut setelah semua siripnya diambil. Kerapu menghasilkan > 1 juta telur per tahun, hiu hanya melahirkan beberapa bayi hiu dan perlu waktu 10 tahun bagi hiu untuk menjadi dewasa. Seorang ibu hanya perlu mengandung selama 9 bulan. Induk hiu harus mengandung anaknya selama 5 bulan – 2 tahun. Hiu Kepala Martil membutuhkan waktu 15 tahun untuk menjadi dewasa dan melahirkan 12 – 41 bayi hiu setiap satu atau dua tahun. Bull Shark membutuhkan waktu 15 tahun untuk menjadi dewasa dan melahirkan 6‐12 bayi hiu setiap dua tahun. Hiu Paus membutuhkan waktu 30 tahun untuk menjadi dewasa, dan hidup sampai umur 60 – 100 tahun.

Hiu punya indra penciuman yang luar biasa. Mereka dapat mendeteksi 1 tetes darah dan 1 kolam renang Olympic. Posisi mata hiu di samping kepalanya sangat menguntungkan karena hiu bisa melihat 360 derajat ke sekelilingnya. Ukuran tidak menentukan kebuasan! Hiu Paus 3x lebih besar dari hiu pada umumnya, tetapi dia adalah hiu yang jinak. Hiu adalah ikan tertua di laut. Hiu sudah ada sejak lebih dari 400 juta tahun yang lalu.

Senang makan Lobster? Tanpa hiu, populasi gurita akan meledak yang mengakibatkan penurunan jumlah lobster. Hati‐hati dgn kosmetikmu! Minyak hati hiu ditemukan pada pelembab, deodorants, lotion untuk tanning, lip balm bahkan lipstick. Tulang rawan hiu tidak menghambat pertumbuhan tumor, bahkan akibat mengkonsumsinya bisa membuat mual. Sup sirip hiu adalah makanan tradisional tetapi tidak memiliki manfaat untuk stamina maupun kesehatan manusia, dan pendapat beberapa orang yang telah mencobanya, dikatakan bahwa sirip hiu tidak enak dan tidak ada rasanya! Rasa hanya dari bumbu-bumbu yang ditambahkan ke dalam masakan.

Daging dan sirip hiu mengandung racun yang mempengaruhi syaraf dan diduga mengakibatkan penyakit Alzheimer dan Lou Gehrig. Tidak seperti ikan pada umumnya, hiu dan manta menghasilkan telur dalam jumlah yang sedikit. Sekali populasinya turun akan sulit untuk pulih kembali! Sebarkan info ttg Hiu dan Manta serta petisi penolakan penjualan bayi hiu di supermarket https://t.co/nPHG00hS62.

Atau,  kamu bisa memasang twibbon di avatar kamu dengan klik link ini: http://twibbon.com/support/savesharks/twitter.

Semoga bermanfaat 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s